Jenis- jenis Paving Block Standar SNI

04/07/2012 13:49

1. Paving Block Press Manual/ Tangan ( K 50-100 )

Paving block Press Manual/ Tangan diproduksi menggunakan cetakan paving block dengan tenaga press tangan manusia. Mutu beton dari Paving block jenis ini tergolong dalam mutu beton kelas D ( K 50-100 ). Harga paving block jenis ini relatif lebih murah daripada harga paving jenis yang lainnya. Pada umumnya paving block press manual hanya digunakan untuk pemakaian non structural, seperti taman, trotoar, halaman rumah dan penggunaan lainnya yang tidak diperlukan untuk menahan beban yang berat diatasnya.

cetakan paving press tangan

Gbr. Alat cetak Paving Block Press Tangan/Manual

 

2. Paving Block Press Mesin Vibrasi/ Getar ( K 150-250 )

Pada umumnya Paving Block Press Mesin Vibrasi tergolong sebagai Paving block dengan mutu beton kelas C-B ( K 150-250 ). Paving block jenis ini diproduksi dengan mesin press sistem getar.  Paving Block Press Mesin Vibrasi dapat digunakan sebagai alternatif perkerasan lahan pelataran parkir. Akan tetapi, karena pertimbangan selisih harga yang tidak terlalu jauh berbeda dengan paving block jenis press mesin hidrolik ( K 300-450 ) mengakibatkan banyak konsumen lebih tertarik memilih paving jenis press hidrolik daripada paving jenis press vibrasi.

3. Paving Block Press Mesin Hidrolik ( K 300-450 )

Jenis paving block lainnya yang dipasarkan di Indonesia adalah paving block press mesin hidrolik ( K 300-450 ). Paving jenis ini diproduksi dengan cara dipress menggunakan mesin press hidrolik dengan kuat tekan diatas 300 kg/cm². Paving block press hidrolik dapat dikategorikan sebagai paving block dengan mutu beton kelas B-A ( K 300-450 ). Pemakaian paving jenis ini dapat digunakan untuk keperluan non structural maupun untuk keperluan structural yang berfungsi untuk menahan beban yang berat yang dilalui diatasnya, seperti: areal jalan lingkungan hingga sebagai perkerasan lahan pelataran terminal peti kemas di pelabuhan. Selain karena kekuatan betonnya yang mampu menahan beban yang berat diatasnya, paving block jenis inipun harganya cukup murah dan terjangkau untuk khalayak masyarakat Indonesia. Faktor kekuatan dan ketahanan paving block press hidrolik untuk jangka panjang turut menjadi bahan pertimbangan bagi sebagian konsumen hingga akhirnya memilih paving jenis ini ketimbang paving block jenis yang lainnya.mesin press hidrolik Paving Block

Gbr. Mesin Paving Block Press Hidrolik