Kekuatan Paving Block Standar SNI

04/07/2012 13:43

Paving Block memiliki beragam kekuatan dan klasifikasi penggunaan bila diukur dengan Standar SNI. Harga Paving Block yang murah tidak selalu dapat diartikan bahwa kualitas & Kekuatan Paving Block tersebut tidak bagus. Untuk lebih jelasnya dapat kita lihat dari tabel Klasifikasi Mutu Beton Paving Block berdasarkan SNI :

Ketahanan terhadap natrium sulfat tidak boleh cacat dan kehilangan berat yang diperkenankan maksimum 1,1

Keterangan : * mPa = mega Pascal ( 1 mPa = 10 kg/cm = K 10 )

Berdasarkan   SNI   03-0691-1996   klasifikasi   Paving   block dibedakan menurut kelas penggunaannya sebagai berikut:

Paving Block Mutu A : digunakan untuk jalan

Paving Block Mutu B : digunakan untuk pelataran parkir

Paving Block Mutu C : digunakan untuk pejalan kaki

Paving Block Mutu D : digunakan untuk taman dan pengguna lain

Paving block yang diproduksi secara manual biasanya termasuk dalam mutu beton kelas D atau C yaitu untuk tujuan pemakaian non struktural, seperti untuk taman dan penggunaan  lain yang tidak diperlukan  untuk menahan beban berat di atasnya. Mutu paving block yang pengerjaannya dengan menggunakan mesin pres dapat dikategorikan ke dalam mutu beton kelas C sampai   A   dengan   kuat   tekan   diatas   125   kg/cm2     bergantung   pada perbandingan campuran bahan yang digunakan

Penampakan antara paving block yang diproduksi dengan cara manual dan paving block pres mesin secara kasat mata relatif hampir sama, namun permukaan paving yang diproduksi dengan mesin pres terlihat lebih rapat dibanding yang dibuat secara manual.

Agar area lahan yang anda “Paving” kan tetap terjaga dan bertahan untuk jangka waktu yang lama, pilih dan gunakanlah Paving Block secara bijak sesuai dengan mutu kuat beton serta kelas penggunaannya masing-masing. Semoga bermanfaat !!!