Kesalahan Fatal dalam Memilih Paving

04/07/2012 13:39

Banyak orang belum mengetahui kalau produk Paving ternyata memiliki beragam jenis apabila ditinjau dari aspek Mutu serta Kualitas Paving. Hal ini disebabkan karena minimnya informasi yang dimiliki, sehingga faktor inilah yang seringkali menyebabkan banyak konsumen Paving secara sadar atau tidak sadar “Tertipu” dalam memilih Paving yang sesuai dengan kebutuhan proyek yang mereka kerjakan.

Menurut pengalaman kami selama menggeluti bidang usaha Paving ini, sebagian besar konsumen memilih Paving hanya melihat dari segi harga tanpa memperhitungkan segi mutu dan kualitas ketahanan Paving untuk jangka panjang. Padahal untuk kasus seperti ini sangatlah tidak objektif apabila membandingkan harga antara Paving mutu beton kelas A atau B (K 300-450) dengan Paving mutu beton kelas C,atau D (K 50-200), karena dari segi kekuatan maupun ketahanan aus-nya saja sudah pasti jelas berbeda.

Agar kita tidak lagi “Tertipu” ketika memilih Paving, ada baiknya anda lakukan pengecekan secara Visual dan sederhana terhadap produk Paving yang akan anda order, dengan cara :

1. Lakukan cara sederhana uji ketahanan paving (baca artikel: “Cara sederhana uji kuat Paving)

2. Ambil beberapa sample paving, kemudian perhatikan kepadatan serta kerapatan Paving tersebut. ( semakin padat dan rapat hasil press paving tersebut, maka semakin baik mutu betonnya). Kepadatan Paving umumnya terbentuk dari proses serta peralatan produksinya. ( Jenis Paving berdasarkan cara produksinya: Paving Press Manual/Tangan, Paving Press Mesin Vibrasi atau Paving Press Mesin Hidrolik)

3. Tanyakan kepada pihak penjual, berapakah kekuatan tekan beton yang dimiliki Paving tersebut. (Agar lebih meyakinkan anda, ada baiknya anda minta juga hasil lab kuat tekan beton Paving tersebut)

Itulah beberapa tips sederhana agar kita tidak lagi salah dalam memilih serta menentukan paving jenis apakah yang akan kita gunakan serta cocok untuk kebutuhan proyek kita, agar kita lebih selektif dan tidak mudah tergiur hanya karena penawaran harga Paving yang murah tetapi melupakan aspek mutu serta kualitas produk tsb, karena itu sama artinya dengan anda “Membeli kucing dalam karung”.